Welcome, visitor! [ Register | Loginrss  | tw

Tips Jual Beli dan Bertransaksi

Tips Jual, tips beli, tips jual-beli dan tips bertransaksi ini ditujukan bagi anda pengguna website ini agar sebelum menjual atau membeli produk & jasa melalui online seperti di www.widaya.com, dimana para penjual & pembeli belum pernah saling kenal apalagi bertemu.

Apapun posisi kita, baik itu penjual atau pembeli harus saling berhati-hati & cermat sebelum melakukan transaksi jual- beli. Hindarilah seminimal mungkin peluang terjadinya kerugian, baik itu kerugian material maupun waktu yang ditimbulkan. Yang biasanya selalu merugikan pihak pembeli, seperti tidak pernah menerima barang tersebut, atau barang tersebut tidak cocok dengan apa yang telah dibicarakan sebelumnya.

Dalam rangka meminimalkan potensi kerugian, ada baiknya bagi penjual & pembeli memperhatikan saran-saran dibawah ini :

Tips Jual-beli & bertransaksi bagi Pihak penjual

  • Berikan keterangan yang lengkap tentang barang yang akan dijual, Tawarkan barang yang ingin anda jual sesuail dengan kondisinya, jika barang tersebut bekas maka jangan anda tawarkan dengan keterangan barang baru padahal barang tersebut dalam kondisi bekas pakai. Jika bekas pakai, beri keterangan berapa lama anda telah memiliki barang tersebut, ceritakan kondisi yang sebenarnya tentang barang tersebut, apakah memiliki beberapa kerusakan, baik kerusakan yang sudah atau belum diperbaiki oleh anda.
  • Berikan keterangan lengkap tentang kualitas barang tersebut jika barang tersebut baru, produk siapa,, diproduksi dimana atau keterangan lain yang anda rasakan perlu untuk di sampaikan. Beri keterangan misalnya itu produk asli Indonesia, ya dikasih keterangan “made in Indonesia”. Jika ternyata terdapat cacat produksi, beri penjelasan juga barang tersebut terdapat cacat produksi, seberapa besar cacatnya, & biasanya harga barang cacat produksi lebih murah harganya.
  • Berikan harga barang tersebut dengan harga sesuai dengan yang anda inginkan, karena banyak sekali ditemukan iklan yang mencantumkan harga seenaknya hanya karena untuk mengundang minat semata. Contohnya, adalah produk elektronik atau handphone yang diberi harga hanya Rp.1, Rp.1.000. Harga tersebut adalah harga yang tidak masuk akal. Biasanya para pembeli enggan untuk menanyakan harga sebenarnya, apalagi jika barang tersebut adalah barang umum, lain dengan jika barang tersebut adalah barang langka atau antik yang jarang sekali ditemukan. Tentunya hal tentang penulisan harga tersebut akan merugikan anda sebagai penjual. Jika anda tidak yakin dengan harga yang anda jual, sebaiknya diberi tulisan “nego”.
  • Berikan keterangan selengkap mungkin tentang produk atau jasa yang anda tawarkan, hal ini dapat menjadi titik keputusan bagi konsumen anda untuk menindak lanjuti iklan anda.
  • Berikan juga alamat, nomor telepon, handphone, email & biodata lain, karena pembeli akan merasa yakin dengan produk yang ditawarkan. Jika identitas penjual ditulis dengan lengkap & mudah dihubungi, hal itu akan menambah kepercayaan calon konsumen anda.
  • Jika anda memberikan garansi, pastikan bahwa pembeli telah mengerti syarat-syaratnya & ruang lingkup garansi tersebut agar tidak terjadi salah pengertian.
  • Untuk pembayaran tidak tunai, pastikan uangnya telah cair atau masuk ke rekening anda sebelum anda memberikan barang kepada si pembeli. Karena biasanya di dalam aturan yang tidak baku di transaksi online apalagi hingga mancanegara, selalu penjual menerima pembayaran terlebih dahulu dari pembeli yang kemudian baru penjual mengirimkan barangnya kepada pembeli. (tergantung kesepakatan antara penjual & pembeli di setiap masing-masing transaksi)

Tips Jual-beli & bertransaksi bagi Pihak Pembeli

  • Jual beli online selalu di landasi oleh kepercayaan, umumnya pihak yang memberi kepercayaan terlebih dahulu adalah pihak pembeli.
  • Siapkan & tentukan metode transaksi yang anda ukur se aman mungkin, misalnya dengan melihat testimonial dari pembeli lainnya.
  • Bagi penjual yang berada di luar kota sebaiknya lakukan verifikasi identitas penjual (KTP & SIM). Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa kedua identitas itu cocok, bisa juga untuk mencocokkan dengan nomor rekening bank si penjual. Apabila penjual adalah perusahaan, mintalah konfirmasi data perusahaan seperti SIUP & NPWP.
  • Meminta informasi sejelas mungkin tentang produk & barang yang dijual atau jasa yang ditawarkan, seperti kondisi barang, harga pasti, cara pembayaran & cara pengiriman uang.
  • Jika penjual meminta sejumlah uang muka agar di transfer melalui rekening banknya, dianjurkan untuk anda sebelum mengirim uang mohon terlebih dahulu untuk meminta fotokopi KTP, SIM, Paspor, lalu cocokan & lakukan verifikasi ke tiga atau salah satu identitas tersebut apakah cocok antara satu dengan yang lainnya.
  • Khusus untuk barang bekas yang dijual secara perorangan, kami sangat menyarankan anda untuk meminta teman atau rekan anda yang berdomisili di kota yang sama dengan penjual untuk memeriksa & memverifikasi barang tersebut seperti apa yang ditawarkan oleh penjual kepada anda.
  • Anda dapat meminta kepada si penjual untuk melakukan demo barang kepada orang yang anda tunjuk sebagai representasi anda di kota tersebut. Jadi jangan melakukan pembayaran apapun sebelum ada konfirmasi dari representasi anda bahwa barang tersebut memang cocok menurut kriteria anda.
  • Bagi anda yang memang tidak memiliki teman atau rekan yang hubungannya dekat dengan anda, atau mungkin anda mengenal orang tersebut yang tinggal sekota dengan penjual, tetapi anda segan untuk meminta tolong kepada orang tersebut untuk mengunjungi penjual, mintalah penjual tersebut yang mendatangi lokasi dimana teman atau rekan anda berada.
  • Apabila semuanya sudah OK, baru anda bisa melakukan transfer uang kepada si penjual melalui bank yang sudah anda buktikan kecocokkannya antara rekening bank dengan identitas penjual, atau melalui orang yang anda percayai di kota tersebut.
  • Berhati-hatilah jika si penjual mengumbar janji-janji yang terlalu muluk atau berlebihan, menawarkan barang yang jauh lebih murah dibanding harga pasaran, anda jangan mudah terpancing dengan janji-janji tersebut. Jika ada, mintalah garansi atau bukti pembelian secara tertulis dari penjual.
  • Jika memungkinkan, hindari metode transaksi dengan cara melakukan transfer uang melalui rekening bank, & tetap memilih cara konvensional yaitu ADA BARANG ADA UANG.
  • Jika memang anda menggunakan transaksi dengan cara konvensional yaitu Ada Barang Ada Uang, pilihlah bertransaksi di lokasi yang aman seperti mall, bisa juga di kantor aparat penegak hukum seperti kantor kepolisian. (Hal ini juga berlaku bagi penjual, karena bisa saja penjual yang tertipu oleh calon pembeli, dimana pembeli yang menentukan lokasi transaksi. Sehingga nantinya mungkin si penjual kehilangan barangnya tapi tidak mendapatkan uang sama sekali. Berhati-hatilah penjual yang ingin menjual barang-barang yang mahal atau berharga).
  • Selalu berpikir sebelum membeli barang atau menggunakan jasa sesuai kebutuhan anda, bukan hanya keinginan anda semata. Karena barang yang hanya diinginkan saja, biasanya akan cepat bosan dengan barang tersebut. Hitung kemampuan finansial anda sebelum sebelum membeli sesuatu.

Kunjungi juga halaman-halaman yang penting anda baca mengenai layanan iklan gratis ini :

1.  Informasi tentang kami (www.widaya.com)

2. FAQ tentang cara pasang iklan gratis di web iklan gratis dunia maya (www.widaya.com)

3. Hubungi admin widaya.com

4. Disclaimer web iklan gratis dunia maya (www.widaya.com)

Berikan komentar

Sponsor – Tag Blog – Cari Iklan

SponsorTag BlogCari Iklan

Butuh Produk ini ?

© 2016 Widaya.com. All Rights Reserved.

Twitter